Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Kamis, 06 Juni 2013

Spesifikasi Nokia 206 Dual SIM Harga 600 Ribuan Design Trendy

Nokia 206 Dual SIM hadir tidak lama setelah Nokia 110 Dual SIM dan Nokia 112 yang juga mengusung Dual SIM. Nokia 206 hadir dengan bentuk candybar dan tuts model alfanumerik. Desain yang sempat populer di era tahun 2000 dibalut dengan desain ala Lumia, yang disebut sebagai Fabula oleh Nokia. Gaya Fabula terlihat dari lekuk-lekuk tubuhnya dan warna-warni mencolok yang diusung.

Ini menjadikan Nokia 206 menjadi ponsel pertama di luar seri Lumia yang menggunakan desain tersebut. Apa pula yang disebut Fabula? Menggunakan material plastic pada casing membuat bobotnya ringan. Dilapisi bahan glossy didepan dan lapisan doff dibelakang guna menampilkan desain elegan dan membuat ponsel tidak mudah licin.

Nokia 206 Dual SIM
Meski hanya gunakan layar 2.4 inchi, Nokia 206 tetap menampilkan layar yang cerah dengan spektrm warna hingga 65K warna. Digunakan didalam ruang atau di bawah sinar matahari tidak begitu masalah, karena layar tetap cerah dan tidak silau.

Menggunakan platform S40, interfacenya menjadi ciri khas Nokia yang menampilkan ragam widget dan pintasan ke menu favorit. Di homescreen, terdapat 5 shortcut menuju web, Nokia Store, Nokia Life, Kamera dan Notification. Menekan tombol navigasi, Anda lalu memasuki halaman Menu yang memuat jajaran 14 ikon secara grid 3x4. Pemilihan ikon dilakukan menggunakan tombol navigasi, dengan menekan arah atas, bawah atau kiri dan kanan.

Gunakan dua buah slot SIM card, Nokia 206 memang direkomendasi untuk pengguna yang memiliki lebih dari 1 kartu SIM. Kerennya pada slot kedua Anda dapat menggonta ganti SIM 2 secara fleksible melalui hotswap yang tersedia di sisi kiri ponsel yang terletaknya disamping slot MicroSD. Anda juga tidak perlu lagi mematikan / restart ponsel untuk memasukan SIM card.

Nokia 206 Dual SIM
Kedua SIM mampu bekerja di jaringan 2G dengan kemampuan tidak hanya dual on, namun juga dual stand by. Sehingga saat melakukan komunikasi suara (panggilan) atau data, akan muncul notifikasi opsi SIM yang akan digunakan.

Untuk pengaturan dual SIM Card ini bisa Anda temukan pada Menu > SIM Manager>Prefered SIM> Pilih penggunaan SIM 1 dan SIM 2 apakah hanya untuk mobile data, SMS atau hanya call> ok.

Nokia 206 hanya mengandalkan satu kamera utama dengan resolusi standart dikelasnya. Untungnya ia memiliki beberapa settingan kamera seperti WB, self timer, grid, self portrait, landscape, setting, dan effect. Sebagai pengganti tombol kamera, Nokia 206 memanfaatkan tombol navigasi.

Yang unik adalah didalamnya terdapat fitur kamera seperti Self Potrait. Fitur ini akan mengeluarkan suara, untuk mengarahkan posisi ponsel agar tepat menangkap wajah yang dipotret. Suara yang dikeluarkan oleh ponsel, tergantung bahasa yang Anda setting di ponsel. Jika Anda setting Bahasa Indonesia, maka akan ada suara "kiri", apabila wajah pengguna harus digerakkan sedikit ke arah kiri, atau “kanan” jika terlalu kanan. Apabila posisi wajah sudah tepat, sistem akan berkata "Oke".

Fitur ini sedikit merepotkan jika Anda ingin self portrait di tempat yang gaduh, area bermain, penuh keramaian yang menjadikan petunjuk suara dari ponsel menjadi tak efektif karena tidak terdengar.

Kualitas foto outdoor cukup tajam, dengan memuat detail objek-objek berukuran kecil bisa tertangkap dengan baik. Kami mencoba menjepret outdoor pada kondisi terik dan mendung, hasil keduanya tajam dan natural. Hal yang berbeda saat dicoba untuk memotret indoor, hasil foto masih berbintik dan sedikit berkabut. Terlebih kameranya belum dibekali dengan LED Flash.

Audio player Nokia 206 menampilka album art secara full screen. Panel-panel audionya menempati sisi atas dan bawah layar. Kualitas audionya bulat dan nyaring, terutama saat Anda mendengarkan via earset. Selain audio player, ponsel ini juga membekali diri dengan FM Radio yang support RDS. Anda pun dapat merekan siaran favorit dengan fasilitas FM Recorder dan disimpan dengan format file amr. Seperti pada Nokia Asha 205 meski hanya berteknologi 2G, Asha 206 ditanamkan Xpress Web browser yang mampu kompresi data hingga 90 %.

Tentunya hal ini menekan biaya internet lebih murah dan akses data lebih cepat. Xpress Browser juga menyediakan pengalaman web app yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi dari web. Namun meski begitu koneksi saat membuka halaman web tetap saja masih lambat.

Untuk koneksi antar perangkat, Nokia 206 memiliki fitur Slam yang bekerja dengan cara yang mirip dengan NFC, di mana file dan konten dapat dibagi ke perangkat lain via koneksi Bluetooth. Tanpa pairing, file gambar atau video dapat langsung disharing ke device lain. Dan meski device lain tidak memiliki aplikasi Slam fitur ini tetap dapat berjalan.

Nokia Life, Nokia Store, Nokia Gift, My Apps, calendar, calculator, voice recorder, notes, countdown timer, stopwatch menjadi fitur standar yang dibawa Nokia 206 Dual SIM. Fitur unggulan lain, ada juga Nokia Nearby yaitu aplikasi yang didasarkan pada Maps milik Nokia. Dengannya Anda bisa mengetahui tempat-tempat hangout, restoran atau lokasi sehingga memudahkan Anda mencari tempat tersebut.

Sayangnya karena hanya mengandalkan jaringan 2G sehingga koneksi internet menjadi kurang maksimal. Beberapa kali  kami mencoba membuka Nokia Nearby dan berhasil masuk homepage, namun saat mendapatkan posisi akurasi satelit, kerap memunculkan notifikasi “failed”.

Harga Nokia 206 Dual SIM
  • Harga Baru: Rp 640.000,00
  • Harga Bekas: Rp 500.000,00

Spesifikasi Nokia 206 Dual SIM

GENERAL
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2

LAYAR
Tipe TFT, 65K colors
Ukuran 240 x 320 pixels, 2.4 inches (~167 ppi pixel density)

DIMENSI
Ukuran/Berat 116 x 49.4 x 12.4 mm, 64 cc / 91 g

AUDIO
Fitur Vibration, Polifonik,MP3 ringtones
Jack 3,5 mm Jack Audio
Speakerphone Ya

MEMORY
Internal 64 MB
Eksternal microSD, up to 32 GB

DATA
EDGE Up to 236.8 kbps
GPRS Up to 85.6 kbps
Bluetooth v2.1 with EDR

KAMERA
Primer 1.3 MP, 1280 x 960 pixels
Video Record QCIF@10fps

BATERAI
Tipe Li-Ion 1100 mAh battery (BL-4U)
Standby Up to 680 h
Talk Time Up to 20 h

FITUR
OS Series 40
Browser WAP 2.0/xHTML
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM
Java Ya, Fitur tambahan: Stereo FM radio with RDS, FM recording, Java Games, Dictionary Digital clock Recorder Calculator Clock World clock Calendar Phonebook Converter Fixed dialling number Expense manager Notes Alarm clock Reminders To-do list, Supported instant messaging services: Twitter, Facebook chat, Windows Live Messenger, Nokia Chat

FITUR LAIN
Multiple SIM Dual SIM GSM Dual stand-by
Video Player MP4/H.263/WMV player
MP3 Player MP3/WAV/WMA/AAC player
Audio Record Ya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi Nokia 206 Dual SIM Harga 600 Ribuan Design Trendy

Daftar Blog Saya