Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Kamis, 06 Juni 2013

Spesifikasi Nokia 110, Ponsel Dual SIM Murah Harga 400 Ribuan

Nokia 110 merupakan ponsel Dual SIM murah terbaru Nokia yang diluncurkan bersama saudaranya Nokia 112. Harga dan spesifikasi kedua ponsel ini pun hampir mirip. Nokia 110 mengusung tema simple dan mungil, namun dengan kemampuan internet yang handal. Meski terkesan mirip dengan disain “jadul” atau ponsel seri lawas, Nokia 110 mempermanis tampilan disainnya dengan fontasi keypad dan bentuk bodi yang ergonomis.

Pemilihan material plastik pada casing, memberikan efek ringan pada bobot. Selain tentunya menekan cost produksi yang konon akan berpengaruh pada harga jual. Keypad alfanumeriknya cukup unik. Satu tuts dengan lainnya saling menyatu, terlapisi dengan lapisan karet yang lembut. Namun, karena saat dioperasikan untuk pengetikan cepat, sedikit goyah dan kurang nyaman. Melihat ke sisi back casing, Anda akan mendapati unique texture yang berupa cekungan-cekungan kecil berupa kotak. Cukup membantu untuk meminimalisir efek licin di genggaman.

Bagi Anda pendamba ponsel berpenampang luas, sedikit kecewa dengan ukuran layar Nokia 110 yang hanya berukuran 1,8 inci. Meski saat diuji coba dioperasikan di bawah sinar matahari, cukup cerah, namun Anda akan sedikit terganggu saat menjelajah ke dunia maya.

Nokia 110
Karena tampilannya yang menjadi sempit dan Anda “dituntut” untuk rajin menekan atas bawah tombol navigasi untuk membaca tampilan penuh di halaman web. Saat Anda pertama kali starting up ponsel ini, akan tertampil homescreen ala UI Nokia. Menampilkan 2 indikator jaringan GSM dan nama operatornya, akses ke radio dan musik, indikator baterai dan jam. Terdapat beragam shortcut icon menuju ke menu favorit. Tinggal klik kanan kiri tombol navigasi untuk memilih menu yang Anda inginkan.

Ponsel ini mengunggulkan kemampuan Dual SIM. Menariknya, teknologi Dual SIM yang diterapkan Nokia 110 sudah easy swap. Artinya, konsumen dapat menggonta-ganti salah satu kartu SIM dengan mudah, tanpa harus membongkar dan copot baterai. Pasalnya, posisi salah satu slot SIM card ini berada di sisi bodi, bukan di balik baterai layaknya ponsel merk lokal kebanyakan.

Saat Anda akan melakukan call, langsung tertampil opsi pilihan SIM yang ingin digunakan untuk menelepon. (Opsi ini juga akan muncul saat Anda akan melakukan browsing). Meski dual SIM, namun tidak dual stand-by. Saat diuji coba untuk menelepon dari SIM 1, dan SIM 2 dihubungi tidak bisa. Terdengar nada sibuk, lalu disconnect.

Meski tak punya kemampuan multitabs, tapi saat diuji coba untuk masuk ke halaman web,  tidak menemukan kendala yang berarti. Pengalaman berinternetan cukup cepat, dan stabil. Hanya saja yang agak mengganggu adalah ukuran layar yang terlalu sempit untuk memuat visual halaman web. Anda terpaksa mengandalkan tombol navigasi untuk menaik-turunkan tampilan halaman. Dan jangan berharap untuk membuka situs bermuatan video, karena ponsel ini belum dibekali dengan flash. Masuk ke Nokia browser, Anda akan mudah untuk browsing beragam situs yang Anda inginkan. Sedangkan di Apps, Anda akan disuguhi akses ke Facebook dan Twitter.

Nokia 110

Agak repot saat kami berniat mentransfer hasil jepretan kamera ke PC. Pasalnya, meski ponsel ini disokog oleh memori eksternal, namun tidak dibekali dengan perangkat koneksi ke PC selain Bluetooth. Mau tidak mau, data di microSD dibantu oleh perangkat lain untuk “dibaca” dan dihubungkan ke PC. Seperti card reader, Bluetooth, ataupun memasang microSD ke ponsel lain yang dapat terkoneksi ke PC.

Dibekali dengan kamera VGA, kualitas jepretan indoor dan outdoornya masih berbintik. Saat diuji coba dari beberapa pengambilan gambar indoor, objek yang tertangkap di tepian frame menjadi sedikit bias dan blur. Pastikan bahwa jumlah penerangan yang masuk ke lubang lensa cukup, karena ponsel ini tidak dibekali dengan LED flash.

Di sektor perekam gambar bergerak, terdapat video recorder dengan resolusi VGA. Saat diuji coba untuk merekam, hasil rekamannya masih patah-patah dan lag.

Tampilan pemutar musiknya sederhana, memuat judul lagu, artis, durasi lagu, dan nama album. Meski pemutar musiknya sederhana, namun daya sembur audionya cukup kuat dan nyaring. Sayangnya tidak dibekali dengan music enhancement dan music equalizer untuk memberikan taste berbeda pada lagu yang sedang didengar. Sebagai alternatif hiburan audio, terdapat FM Radio yang dapat direkam (direcord) dengan format perekaman amr.

Dan kualitas hasil rekaman cukup baik. Sementara itu, Anda jangan sampai lupa menancapkan earset yang bertugas sebagai antena radio. Pencarian secara otomatis akan segera ter-scanning dari hasil pencarian chanel terbaik.

Untuk games, terdapat 5 games default yang terdapat di dalam ponsel ini. Akan tetapi format games yang dicoba, masih versi trial demo. Dan apabila Anda ingin mendapatkan versi utuhnya, Anda dimita untuk mendownload terlebih dahulu. Beragam games berplatform Java dapat Anda nikmati dengan download di Ovi Store.

Spesifikasi Lengkap Nokia 110 Dual SIM

GENERAL
Network GSM 900 / 1800

LAYAR
Tipe TFT, 56K colors
Ukuran 128 x 160 pixels, 1.8 inches (~114 ppi pixel density)

DIMENSI
Tipe 10 x 46 x 14.5 mm, 63 cc / 80 g

AUDIO
Fitur Vibration; Polyphonic Ringtones
Jack 3.5mm jack audio
Speakerphone Ya

MEMORY
Internal 64 MB
Eksternal Slot Micro SD card up to 32GB

DATA
EDGE Ya
GPRS Ya
Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR

KAMERA
Primer VGA, 640x480 pixels
Video Record Ya, 176x144@15fps

BATERAI
Tipe Standard battery, Li-Ion 1020mAh (BL-5C)
Stanby Up to 636 h
Talk Time Up to 10 h 30 min

FITUR
OS Nokia OS (S40)
Browser Nokia Browser, XHTML, WAP 2.0, HTML over TCP/IP, H
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, IM
Java Ya, Fitur tambahan: Stereo FM radio with RDS, FM recording, Jam alarm, Kalkulator, Kalender, Konverter, Jam digital, Nomor Panggil Tetap, Catatan, Perekam, Pengingat, Daftar agenda Jam Manajer pengeluaran

FITUR LAIN
Multiple SIM Dual On GSM
Video Player MP4/H.264 player
MP3 Player MP3/WMA/AAC player
Audio Record Ya

Untuk harga baru, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 450.000,00 dan Rp 300.000,00 untuk HP Nokia 110 second.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi Nokia 110, Ponsel Dual SIM Murah Harga 400 Ribuan

Daftar Blog Saya