Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Jumat, 25 Juli 2014

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 3 Neo, Phablet Hexa Core Pertama Samsung



Saat ini keluarga phablet Samsung Galaxy Note sudah memasuki generasi ketiga (dengan generasi keempat yang sudah siap diperkenalkan. Namun satu hal yang tidak biasa adalah di sini Samsung memutuskan merilis versi ringan atau bahasa istilahnya lite dari Samsung Galaxy Note 3 Neo.

Dilihat dari harganya, Samsung Galaxy Note 3 Neo lebih rendah dibandingkan Galaxy Note 3 karena membawa spesifikasi di  bawahnya, namun masih tetap membawa ciri khas keluarga Note. Seperti misalnya layar lebar di atas 5 inci serta stylus S Pen. Untuk dapur pacu pun menggunakan prosesor 6 inti (hexa core), tidak seperti kakaknya yang menggunakan 8 inti (octa core). Namun soal performa masih tetap dapat diandalkan.

Desain Bodi
Jika dilihat sekilas, maka tidak ada perbedaan yang mencolok antara Galaxy Note 3 Neo dengan sang kakak. Hanya saja lebih pendek 3,5 mm karena layarnya yang 5,5 inci (Galaxy Note 3 berlayar 5,7 inci) dan lebih ringan 5,5 gram.

Sama seperti keluarga Galaxy lainnya, material plastik untuk bodi masih ditemui di phablet ini. Penggunaan cover belakang juga masih sama dengan tekstur ala kulit berikut jahitan di sekelilingnya. Kompartemen S Pen juga masih berada di posisi yang sama yakni di sudut kanan bawah bodi.

Satu hal yang berbeda dari Galaxy Note 3 adalah tidak tersedianya motion sensor di sini, mengartikan absennya fitur Air Gestures. Sebagai sebuah perangkat flagship Samsung, Galaxy Note 3 Neo belum menggunakan desain unibody, mengartikan Anda dapat membuka cover belakang untuk mengakses slot microSD dan microSIM setelah melepas baterai.

Layar
Ukuran layar Samsung Galaxy Note 3 Neo 0,2 inci lebih kecil dibandingkan dengan Galaxy Note 3, dan resolusinya pun turun menjadi 720 x 1280 piksel. Kerapatan pikselnya adalah 267 ppi (di bawah kualitas Retina), namun Anda tak perlu cemas karena tampilan layar masih terlihat tajam. Panel Super AMOLED juga digunakan di sini, mengartikan layar dapat menampilkan warna dengan akurat. Satu fitur yang absen di layar adalah perlindungan Gorilla Glass 3.

Fitur Bawaan
Samsung Galaxy Note 3 Neo juga membawa fitur multitasking seperti pada tablet Galaxy, yakni Multi Window. Dengannya Anda dapat menjalankan 2 aplikasi secara berdampingan, memanfaatkan layar yang lebar. Tak hanya 2 aplikasi yang berbeda, tetapi yang sama pun juga bisa.

Fitur kedua yang menarik adalah One-hand Operation, cocok bagi Anda yang ingin mengoperasikan phablet ini dengan satu tangan. Fitur ini akan meminimalkan keseluruhan tampilan layar ke sudut dan Anda dapat membuat tampilan setara dengan smartphone berlayar 4 inci. Tentu saja aplikasi khas perangkat flagship Galaxy seperti S Voice, Air View, Smart Stay, Smart Rotate, Smart Scroll dan Smart Pause juga tersedia.

Performa
Samsung Galaxy Note 3 Neo merupakan perangkat pertama yang menggunakan chipset hexa core Exynos 5260. Enam inti prosesor terbagi menjadi 2 buah Cortex-A15 @1,7 GHz dan 4 buah Cortex-A7 @1,3 GHz. Tidak seperti chipset Exynos lainnya, tidak ada dukungan fitur HMP sehingga keenam inti prosesor dapat berjalan secara bersamaan. GPU yang digunakan adalah Mali-T624 dengan RAM 2 GB. Untuk performanya ini tak perlu diragukan lagi.

Samsung Galaxy Note 3 Neo dibekali dengan baterai 3.100 mAh. Penggunaan chipset Cortex-A7 turut membantu dalam penghematan daya sehingga phablet ini dapat bertahan lebih dari 11 jam. Daya tahannya termasuk impresif. Dengan penggunaan normal dimungkinkan phablet yang dibanderol pada kisaran harga Rp 6.700.000 ini bertahan hingga 2 hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 3 Neo, Phablet Hexa Core Pertama Samsung

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya