Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Selasa, 22 Juli 2014

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab 4 7.0



Samsung Galaxy Tab 4 7.0 merupakan salah satu anggota trio keluarga Tab. Masih menggunakan desain yang sama, namun dengan layar yang lebih kecil dan baterai besar. Seperti apa performanya?

Soal tampilan, Samsung Galaxy Tab 4 7.0 tidak jauh berbeda dengan kakaknya, Samsung Galaxy Tab 4 8.0, hanya saja ukuran layarnya lebih kecil. Kemudian bahan plastik masih menjadi andalan Samsung di sini. Namun di tablet ini kualitas bodinya terasa lebih kokoh dan solid. Tak terasa melengkung saat bodi ditekan berikut suara berdecit. Untuk mempermanis tampilannya, terdapat aksen ala metal di sekeliling bodinya.

Dengan dimensi 186,9 x 107,9 x 9 dan bobot 276 gram, Samsung Galaxy Tab 4 7.0 terasa ringan saat dibawa dengan satu tangan. Ukurannya lebih ringan dibandingkan dengan Nexus 7 dan lebih kecil dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy Tab 3 7.0. Sebenarnya desain bodinya juga hampir sama, hanya bedanya permukaan cover belakangnya memiliki tekstur kasar sehingga memiliki grip yang lebih baik di tangan.

Resolusi yang digunakan pada layar Samsung Galaxy Tab 4 7.0 adalah 800 x 1280 piksel dengan panel TFT dan memiliki kerapatan piksel 216 ppi. Lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Tab 4 8.0, tetapi wajar karena kakaknya ini menggunakan ukuran layar yang lebih besar.

Semenjak perilisan Galaxy Tab Pro 12.2, Samsung membawa perubahan di tampilan UI menjadi lebih baik dan dimaksimalkan untuk penggunaan tablet. Hal tersebut ternyata juga dibawa ke Gaalxy Tab 4 8.0, dan ini merupakan sisi positif. Tampilan UI menjadi lebih menarik, namun masih tetap sederhana seperti konsep dari stock Android 4.4 KitKat.

Untuk soal kamera, sepertinya Samsung tidak terlalu memberikan perhatian lebih. Apalagi memang fotografi bukanlah sebuah hal yang ditonjolkan dalam sebuah tablet. Karena yang ada di tablet ini menggunakan resolusi 3.15 MP tanpa flash. Selain itu untuk fokusnya hanya tersedia opsi fix focus saja. Sedangkan untuk kamera depan 1.3 MP bisa Anda gunakan untuk video chatting. Kamera utama juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 720p yang disimpan dalam format MP4.

Soal multimedia, aplikasi Gallery menyediakan beberapa fitur seperti kemampuan untuk mengedit dan mengirim foto sebagai postcard berikut pesan yang ditulis. Terdapat juga fitur Buddy Photo Share yang dulu awalnya terdapat di seri smartphone Galaxy S3. Video player bawaan dapat Anda gunakan untuk memutar video. Berbagai klip video 1080p dengan format DivX, H.264, MP4, Xvid dapat diputar tanpa masalah.

Secara teori, spesifikasi Samsung Galaxy Tab 4 7.0 terbilang lumayan. Prosesor Qualcomm Snapdragon 400 dengan RAM 1,5 GB dan GPU Adreno 305. Tetapi mengejutkannya tablet ini performanya tidak sebaik yang dibayangkan, bahkan performa terasa lambat dan tidak responsif di beberapa kesempatan. Terlebih jika kapasitas RAM mulai menipis.

Samsung Galaxy Tab 4 7.0 dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh yang termasuk besar untuk tablet sekelasnya. Pastinya tablet yang dibanderol dengan harga Rp 3.699.000 ini dapat menemani Anda dalam aktivitas seharian, setidaknya selama 8 jam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab 4 7.0

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya