Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Jumat, 25 Juli 2014

Aplikasi Navigasi Bikin Mudik Terasa Lebih Nyaman

Mudik merupakan suatu "ritual" yang kerap dilakukan oleh masyarakat di tanah air dalam rangka bersilaturahmi dengan sanak keluarga setiap peringatan hari raya besar. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, mencari jalan alternatif bisa menjadi salah satu solusi guna menghindari daerah yang ramai dan padat. Kini, dengan maraknya pengguna smartphone, para pengembang aplikasi menawarkan layanan yang dapat membantu mereka dalam mengonfirmasikan kondisi lalu lintas berbasis GPS.

Tiap sistem operasi mobile telah menyediakan aplikasi peta andalan masing-masing, seperti Apple Maps di iOS, Google Maps di Android, atau Nokia Here Maps bagi pengguna Windows Phone. Namun demikian hal ini tidak menghalangi para pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi alternatif yang menawarkan fitur serta kemampuan yang tidak kalah canggih. Berikut aplikasi navigasi yang hadir di beberapa perangkat mobile yang cukup populer.

Aplikasi-aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membantu anda saat mudik antara lain adalah aplikasi informasi mudik dan informasi lalu lintas jalan raya. Berikut adalah beberapa diantarannya.
  • Google Maps
Google Maps adalah aplikasi pada peta buatan Google. Biasanya, aplikasi ini sudah terinstall langsung dalam smartphone saat anda membelinya. Aplikasi Google Maps bisa diandalkan selama mudik, karena selain memiliki database lokasi yang tergolong komplit, Google Maps juga bisa menampilkan informasi kepadatan lalu lintas.

Anda bisa mengaktifkan fitur Traffic dalam menu peta di Google Maps untuk melihat informasi lalu lintas di jalan-jalan raya besar. Kepadatan lalu lintas yang tinggi akan disimbolkan dengan warna merah di sepanjang jalan tersebut. Jika lancar, maka indikatornya adalah berwarna hijau.

Fitur GPS dan pemandu berbasis suara juga dimiliki dalam Google Maps terbaru. Dengan fitur ini, anda bisa mencari jalan alternatif saat menghadapi kemacetan. Aplikasi Google Maps yang gratis ini bisa dijadikan sebagai pengganti GPS.
  • Indonesia Toll View
Aplikasi yang satu ini mirip dengan LewatMana. Bedanya Indonesia Toll View menampilkan informasi khusus jalan tol. Aplikasi Indonesia Toll View sepertinya memindahkan halaman web jasamarga-live.com, sebab isi informasi dan tampilannya mirip. Pengguna bisa memilih ruas tol mana yang ingin dilihat. Aplikasi akan memunculkan deretan rekaman foto CCTV dalam jangka waktu tertentu di ruas-ruas tol yang ingin dilihat.
  • Telkomsel Siaga
Selain hiburan, tentunya kita juga membutuhkan informasi seputar mudik. Telkomsel telah membuat satu aplikasi yang tergolong komplit dalam menghimpun informasi yang dibutuhkan selama mudik. Aplikasi yang disebut Telkomsel Siaga memiliki fitur Peta Mudik. Dalam peta tersbeut, Telkomsel menambahkan informasi lokasi-lokasi bengkel siaga dan fasilitas umum seperti SPBU, ATM, dan Mini Market.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aplikasi Navigasi Bikin Mudik Terasa Lebih Nyaman

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya