Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Minggu, 20 April 2014

The Elder Scrolls Online

The Elder Scrolls sampai saat ini memang masih menjadi franchise game RPG yang paling eksis di industri gaming. Bahkan kerennya lagi, seri demi seri dan ekspansinya juga tidak pernah mendapat rating jelek. Bukti bahwa franchise ini terus berevolusi dan berinovasi.

Kebebasan bermain dan berinteraksi hingga ke hal-hal yang paling kecil dan mendasar menjadi sebuah poin plus yang tidak pernah kita jumpai dalam game-game lain di genre yang sama.

Kemunculan Skyrim 3 pada tahun lalu yang juga dirilis ke Xbox juga menjadi pembuktian bahwa The Elder Scrolls berusaha menjaring basis penggemar baru. Dan ini akan membuat The Elder Scrolls akan makin eksis.

Dan maraknya game MMORPG saat ini membuat Bethesda tidak berdiam diri. Apalagi penggemar TES selama ini tidak penrah mencoba bagaimana rasanya untuk mencoba dunianya yang sangat luas dengan rekan-rekan mereka.

Dan akhirnya diperkenalkanlah The Elder Scrolls Online. Dengan Tamriel sebagai dunia utamanya. Lalu bagaimanakah kehebatan TESO?

Secara keseluruhan memang masih banyak kesamaan antara versi online dan offline. Anda akan masih berkesempatan untuk meng-create karakter dengan bebas dari 3 fraksi dengan perk-perk khusus (Ebonheart, Aldemeri Dominion, Daggerfall Convenant), 9 ras, serta 4 kelas (Dragon Knight, Templar, Nightblade, Sorcerer) yang disediakan.

Satu perbedaan paling utama yang membuat seri online ini berbeda adalah : tidak adanya lagi kebebasan luas untuk mengembangkan job utama karakter. Semua sudah ditawarkan dalam class di awal permainan. Dimana kelas yang nantinya anda pilih akan berpengaruh pada mekanik gameplay-nya. Kombinasi dari tiap kelas akan sangat disarankan. Kelas akan menentukan jenis skill.

Bicara tentang user interface dan atmosfer permainan, mirip dengan versi offline-nya. Dan tidak akan membingungkan juga untuk permain baru yang belum pernah memainkan TES sama sekali. Bar hitamnya akan membantu anda mencari landscape tertentu dan bisa anda eksplor. Bar Magic, Health dan stamina dalam kondisi idle tidak akan nampak. Tapi akan muncul ketika ada mempengaruhinya. Dan akan ber-regenerasi secara otomatis.

Secara keseluruhan, UI-nya yang masih minimalis yang akan membuat mata anda lebih lega melihat layar. Lalu dengan menggunakan scroll mouse, anda bisa mengatur tinggat zoom dan mengubahnya menjadi tampilan third person hingga posisi paling jauh.

Untuk combatnya, lagi-lagi TESO juga mengusung mekanik yang sama. Tombol kiri untuk menyerang, kanan bertahan, kedua bar untuk mencegah lawan yang mengeluarkan special attack.

Lalu perbedaan lainnya selain job yang lebih terbatas adalah : kini anda tidak hanya sekedar menyerang, menekan skill aktif secara konsisten akan menghasilkan efek damage yang cukup besar. Skill aktif ini bisa anda akses via shortcut.

Kemampuan karakter juga tidak hanya ditentukan dan jumalah musuh atau banyaknya quest yang bisa anda selesaikan. Makin sering anda memakai pedang misalnya, maka kemampuan pednag anda juga akan makin tinggi. Demikian juga dengan skill yang lain bahkan magic. Semakin sering anda menggunakan magic tertentu, kemampuan magic anda itu akan memiliki efek damage yang sangat baik.

Dengan cabang skill tree yang sangat banyak, anda juga akan punya banyak pilihan untuk membuka cabang skill baru. Dan beberapa elemen seperti blacksmith, enchanting, cooking, serta woodcutting juga menjadi hal-hal yang juga harus perhatikan. Karena semuanya akan sangat berguna untuk memperkuat item dan senjata. Membuka level yang tinggi akan membuka kesempatan anda untuk menciptakan equipment serta senjata yang jauh lebih kuat. Dan makin sering anda melakukan salah satu dari aktifitas itu, echanting misalnya, maka anda akan makin mahir untuk membuat item yang sangat kuat.

Secara keseluruhan, memang TESO belum tampil secara maksimal untuk sekelas game dengan biaya langganan USD 15 perbulannya. Setting dunianya yang menakjubkan tidak disokong dengan kualitas visual yang bahkan tidak melompat dari Skyrim. Kesan next gen tidak terlihat. Collision efeknya juga tidak cukup menakjubkan di saat anda bertarung.

Dunia yang luas pada akhirnya juga nampak tidak memiliki elemen yang benar-benar bebas. Anda harus menyeselsaikan misi utama dan side mission terlebih dahulu untuk menuju ke wilayah yang baru. Seolah terkesan kita harus bergerak linier dari 1 quest ke quest yang lainnya. Cukup simple dan sistematis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : The Elder Scrolls Online

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya