Berita Seputar Teknologi, Komputer, Hardware, Software, Gadget, Ponsel

Minggu, 12 Januari 2014

HDD Expert, Cara Mudah Periksa Kesehatan Harddisk

Terjadinya kegagalan kerja harddisk adalah satu kemungkinan yang nyata yang selalu menghampiri komputer. Meski saat ini terdapat media penyimpanan SSD, tetapi harddisk masih mendominasi sebagai komponen dasar dari sebuah komputer yang digunakan untuk penyimpanan digital.

Berfungsinya harddisk sangat dipengaruhi oleh kinerja dan kecepatan sistem komputer. Dan inilah mengapa harddisk sering mengalami kegagalan dalam bekerja. Jadi banyak alasan mengapa Anda harus memeriksa kesehatan dan kondisinya.

Terjadinya crash pada harddisk selalu acak, maka dari itu selalu disarankan untuk menyimpan dan backup data penting sebelum terlambat. Jadi meluangkan waktu untuk membuat backup file dan kredensial sebelum terjadi kegagalan harddisk dalam bekerja.

Meskipun tidak ada tanda-atnda spesifik dari kegagalan harddisk, tetapi gejala yang paling sering tercatat dari tampilan crash yang meliputi :
  • Semakin lambatnya komputer
  • Sering terjadi Bluescreen
  • Komputer sering dan tiba-tiba hang.
  • Timbul suara aneh.

Jadi kegagalan harddisk bisa jadi tanpa memberikan peringatan apapun tetapi jika Anda melihat gejala-gejala tersebut, backup semua data penting Anda. Terdapat beberapa program yang dapat melacak parameter dari ksehatan harddisk yang dapat membantu dalam menghindari kehilangan data. HDDExpert adalah freeware berbasis Windows mampu membantu untuk memeriksa kesehatan dan kinerja harddisk.

HDDExpert memeriksa data S.MA.RT dan memonitor berbagai parameter PC Anda, termasuk menulis suhu, laporan kinerja dan banyak lagi. Ini adalah program portable dan Anda bisa menggunakannya di komputer mana saja.

Semua harddisk PC Anda akan ditampilkan di bawah Tab General dalam program ini. Jika Anda memilih lebih dari satu hard drive yang terhubung ke sistem komputer, Anda dapat menswitch masing-masing harddisk untuk memeriksa nilai data SMART.

Program ini memiliki sistem antarmuka yang sederhana dan mampu menampilkan informasi umum tentang sistem harddisk model, produsen, nomor seri, ukuran cache dan firmware. Tool ini juga mampu menunjukkan suhu yang benar dari sistem Anda, jumlah jam operasi.

HDDExpert memberikan presentasi yang jelas dan mudah dibaca dari data SMART dan juga merekomendasikan perawatan sesuai dengan kegagalan yang terdeteksi. Ada sebuah panel pesan dan interface utama HDDExpert yang berisi kesehatan harddisk Anda.

Panel pesan memberikan rekomendasi atas dasar kesehatan harddisk, Misalnya jika suhu sistem komputer Anda melebihi batas normal itu menunjukkan menambahkan kipas pendingin ke harddisk Anda.

Demikian pula jika program mendeteksi kegagalan dalam sistem, maka dia akan merekomendasikan untuk membuat backup. Memang informasi yang ditawarkan terkadang kurang didukung data tambahan, seperti kenapa harus ditambahkan kipas pendingin. Tetapi semua ini mengacu pada susu yang terdeteksi oleh program ini.

Anda bisa saja tidak menambahkan kipas pendingin, tetapi Anda harus melakukan beberapa backup data-data penting.

Sebagai tambahan catatan : HDDExpert merupakan freeware yang bagus dan sangat berguna tapi ada aplikasi dari pihak ketiga yang mendompleng didalamnya. Pada saat instalasi, tidak ada pilihan untuk mengabaikan aplikasi lain terinstall.

Bila Anda menggunakan antivirus yang terupdate, maka instalasi dari pihak yang membonceng tadi bisa dicegah.

Secara umum HDDExpert merupakan freeware yang cukup berguna untuk bisa mengecek kesehatan harddisk komputermu. Bila Anda tertarika untuk mendapatkan aplikasi ini, bisa langsung mendownloadnya di http://www.kcsoftwares.com/?download.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : HDD Expert, Cara Mudah Periksa Kesehatan Harddisk

0 comments:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya